Detail Produk 7 Cara Memaksimalkan Kekebalan Tubuh Si Kecil

18 Maret 2017

Setiap saat tubuh kita termasuk si kecil di �bombardir� dengan sumber penyakit seperti virus, bakteri, dan jamur, namun sistem imunitas kita bekerja membentengi tubuh kita dari serangan tersebut.

Ketika kondisi kekebalan tubuh menurun maka si kecil berpotensi terkena serangan penyakit. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh balita bunda agar selalu dalam kondisi prima. Berikut adapah beberapa hal yang harus diperhatikan agar kekebalan tubuh si buah hati terjaga sehingga tak gampang sakit:

1. Air susu ibu. Selain berfungsi sebagai sumber nutrisi, manfaat lain dari ASI adalah mensuplai pasokan sistem imunitas si kecil. Kekebalan tubuh anak bayi belum berkembang optimal sehingga suplai antibodi dalam ASI begitu penting bagi mereka. Inilah salah satu alasan kenapa para ahli sangat menganjurkan bunda untuk memberikan mereka ASI khususnya ditahun.

2. Hindari konsumsi gula berlebih. Mengkonsumsi gula melebihi angka normal diketahui dapat menurunkan kekebalan tubuh setidaknya selama beberapa jam setelah gula selesai dicerna. Batasi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti peremen, coklat, softdrink, dan kue manis.

3. Omega-3. Komponen yang banyak terkandung dalam daging ikan ini terbukti dapat meredakan peradangan dan memaksimalkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain ikan laut, jenis makanan yang kaya akan kadar Omega-3 adalah minyak nabati khsususnya minyak canola, flaxseed, dan minyak kedelai, kacang dan biji-bijian, sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan brokoli, dan oarmeal.

Baca juga: Dampak negatif konsumsi gula berlebih bagi balita

4. Probiotik. Probiotik adalah bakteri sehat yang tumbuh dalam sistem pencernaan si kecil. Jasad renik ini membatu menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab sakit. Mengkonsumsi makanan probiotik secara reguler dipercaya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil khususnya diwilayah pencernaan. Probiotik serbuk dapat diperoleh di apotek dan dikonsumsi dengan cara dicampurkan kedalam air susu atau air putih untuk dimimum si kecil. Yogurt dan kefir adalah alternatif yang bagus untuk memperkaya bakteri baik dalam perut si kecil.

5. Sayur dan buah. Banyak anak balita yang kurang mendapat asupan sayur dan buah setiap harinya, padahal dua kelompok makanan ini sangat diperlukan bagi daya tahan tubuh mereka. Tak hanya kaya akan zat nutrisi dan serat, kandungan fitonutrient dan zat antioksidan pada buah dan sayuran sudah terbukti secara ilmiah mampu mengoptimalkan kekebalan tubuh si kecil.

Baca juga: 7 Jenis makanan berserat tinggi untuk si kecil

6. Vitamin C. Jenis vitamin ini dikategorikan sebagai zat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikan anak usia 1-3 tahun sebanyak 150 mg dan usia 3-5 tahun sebanyak 250 mg vitamin C setiap hari untuk menjaga kesehatanya. Secara alami vitamin C banyak terkandung dalam jeruk dan brokoli.

7. Vitamin A. Jenis vitamin ini diketahui berperan penting dalam kesehatan sistem syaraf, selain itu vitamin A diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh dari infeksi kuman. Minyak ikan cod adalah sumber terbaik dari vitamin tersebut, selain itu ubi jalar, wortel, sayuran berdaun hijau gelap, labu kuning, melon, tuna, dan mangga adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin A




Baca juga
15 April 2021
MANFAAT BERBUKA PUASA DENGAN KURMA DAN AIR PUTIH
MANFAAT BERBUKA PUASA DENGAN KURMA DAN AIR PUTIH Bulan Ramadan telah tiba, inilah saatnya bagi umat muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Selama kurang lebih 12 jam, mereka yang menjalankan puasa harus menahan rasa lapar dan haus, serta mengendalikan hawa nafsu. Terbiasa dengan jadwal dan minum rutin, mendatangkan berbagai kekhawatiran bagi sebagian orang yang berniat menjalankan puasa. Bagaimana dengan kebutuhan air mineral dan gula darah? Bagaimana menjaga produktivitas agar tidak menurun di tengah dahaga dan rasa lapar? Sebenarnya hal-hal seperti yang tersebut di atas tidak perlu dikhawatirkan, karena puasa sendiri memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari memperbaiki pola makan, meningkatkan sistem imunitas, memperbaiki sistem pencernaan, dan kebaikan lainnya.[1] Sedangkan produktivitas, memang biasanya akan menurun di hari-hari awal puasa karena tubuh sedang melakukan penyesuaian. Namun Anda tetap bisa mengatasinya dengan mengatur menu makan saat sahur, dan membiasakan diri untuk berbuka puasa dengan kurma dan air mineral.  Mengapa kurma dan air mineral? Kedua makanan dan minuman tersebut merupakan menu yang terbilang sederhana namun memiliki khasiat luar biasa ketika dijadikan santapan berbuka puasa.

18 Maret 2021
KEAMANAN SAAT BERBELANJA ONLINE
Keamanan Saat Berbelanja Online Menggunakan internet untuk berbelanja tentunya sangat menghemat waktu dan tenaga. Kamau juga dapat dengan bebas memilih barang-barang yang ingin kamu beli. Saat ini, sudah terdapat banyak marketplace yang menawarkan jaminan keamanan data keuangan, pembayaran dan pribadi kamu seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, bukan berarti kamu dapat mengabaikan keamanan data dan perangkat kamu selama berbelanja online. Dalam segala aktivitas jual-beli online, pasti ada faktor risiko yang perlu diperhatikan agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber yang saat ini sedang marak.

31 Januari 2017
Cara Menjaga Berat Badan Anak Tetap Ideal
Jumlah anak yang mengalami obesitas atau kegemukan semakin banyak. Penyebab obesitas pada anak biasaya karena orangtua kurang memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh anak, terlalu sering memberikan snack atau camilan yang tidak bergizi, memberikan pola makan yang buruk, faktor keturunan dan kurangnya olahraga.

15 Desember 2016
Cara Mengatasi Rasa Takut Pada Anak
Rasa takut merupakan suatu tanggapan emosi terhadap ancaman, bahkan beberapa ahli psikologi menyatakan bahwa rasa takut merupakan emosi dasar yang sejajar dengan kesedihan, kemarahan dan juga kebahagian.

Pembayaran

  • BCA
  • 198.193.1241
    A/n : Nurhayati Maulina

  • BNI
  • 022-973-9565
    A/n : Nurhayati Maulina

Tentang Kami

 Copyright ©2021 www.butikpelangi.com

Fanpage : butikpelangicom | Instagram : @butikpelangicom